Sponsor

Friday 11 March 2016

Cerpen Lilin yang Meleleh


Syuuutttt!!!! Fahri menempelkan telunjuknya ke bibir Hana. Mereka berdua tampak menguping pembicaraan Fasha dan Sishil didalam ruang OSIS yang terdengar sedikit menegangkan. “ lo itu seharusnya konfirmasi dulu dong ke gua kalo proposal yang dikasih ke yayasan itu udah lo terima!!!”. Mata Fasha menatap Sishil tajam. “ Gimana aku mw konfirmasi ke kk, kk nya aja susah buat di hubungin!!! “. Sishil balik membentak. “ alah alesan!!!. lo tau ga, gara-gara masalah ini gua itu sampe debat kusir sama bendahara yayasan” . Sishil tampak tersenyum kecil. “ makanya ka, jangan maen asal debat aja. Jadi malu sendiri kan “. Fasha melengkungkan bibirnya. “ iya semua ini gara-gara lo. Coba dari awal lo kasih tau gua kalo lo udah nerima proposal dari yayasan. Gua ga bakal debat kaya gituh. Terus sekarang proposalnya mana?? “. Sishil membalikan wajahnya kearah jendela. Set!!. Sishil kaget melihat dua kepala manusia yang keliatan lagi nguping pembicaraan mereka.
“ Ko lo malah kaget gua tanya gituh”. Fasha keheranan
“ Sssttt!, ka kayanya ada yang nguping obrolan kita”. Mata Sishil mengisyaratkan ke arah jendela.
            Grabak-grubuk!!. Suara orang lari terdengar dari luar. Fasha dan Sishil langsung melihat keluar. Dan ternyata Fahri dan Hana udah tampak jauh sekali dari ruangan OSIS.
            “ Dasar kepoo!! “. Fasha setengah teriak.
“ hehehe, Proposalnya udah aku kasih ke Pa mitra ka. Coba aja kaka tanya ke dia. Aku juga belom liat berapa nominal yang dikasih pihak yayasan buat acara seminar budaya yang bakal kita adain ini. Kalo kabar burungnya si pihak yayasan ngasih 5 jt ka “.
            “ ohh gitu, bagus deh. Yaudah gua mw latihan teater dulu “. Fasha meninggalkan Sishil.
“ eh tunggu dulu ka! “. Tangan Sihil menarik tangan Fasha.
            “ apalagi!. Gua buru-buru nih “. Mata Fasha menatap Shisil dengan wajah datar.
“ lain kali Hp kaka diaktifin dong. Biar aku gampang kordinasinya”. Sishil setengah gerutu
            “ oke-oke, nanti gua aktifin “.
“ yaudah, silahkan latihan teater. Ntar telat lagi “. Sishil sedikit senyum
            “ kalo seandainya telat juga itu gara-gara lo “. Jeplak Fasha dengan wajah datar dan so asik.
            Sishil cemberut sambil gerutu dalam hati. Nih orang senganya udah kebangetan amat si. Sayang aja dia kaka kelas. Tapi meskipun kesel sama Fasha, matanya Sishil tetep Fokus kearah Fasha. Slek!!. Tiba-tiba Fasha menengok ke arah Sishil. “ yang tadi itu Cuma bercanda, ga usah baper “. Dengan wajah datarnya Fasha tampak tau apa yang terucap di hati Sishil.
Sishil tertawa kecil.
***
            Aula sekolah sudah tampak ramai oleh anak-anak yang ikut eskul teater. Termasuk Fasha yang kini udah jadi mentor buat adik-adik kelasnya. “ Fash,, coba lo contohin sama ade-ade kelas lo gimana caranya akting yang bagus. Coba lo berakting sebagai seorang pejabat angkuh dan arogan “. Perintah Bang Dani sebagai pembina Teater terasi. Fasha tampak sigap menanggapi perintah itu. Dengan cepat dan tanpa basa-basi ia melangkah kedepan. Dan dengan seketika ia mulai berakting sebagai seorang pejabat yang angkuh dan arogan. Wajahnya mulai mengeluarkan ekspresi seperti orang angkuh, gaya berjalan dan gaya bicaranya pun tampak mirip dengan karakter yang sedang ia perankan. Sesekali ia tertawa jahat seakan menunjukan kekuasaannya. “ Sebagai seorang pejabat yang baik, aku selalu melayani rakyat. Selalu membuat program-progam untuk pembangunan. Dan yang terpenting aku tidak pernah korupsi, hahahaha “. Sepotong kalimat yang digunakan Fasha sebagai dialog dalam aktingnya itu.
            “ iya sip!. Beri tepuk tangan buat kalian semua, latihan hari ini kita udahin dulu sampai disini. Salam Teater! “. Ucap bang Dani sebagai tanda berakhirnya latihan pada hari itu. Fasha tampak merapihkan barang-barangnya kedalam tas. Dan dengan segera ia keluar aula dan pamitan sama bang Dani untuk pulang duluan. Ya biasanya Fasha bisa nongkrong berjam-jam kalo udah gabung sama anak-anak teater yang lain. Tapi kali ini rasanya ia harus terpaksa pulang duluan hari ini. Karena masih banyak tugas-tugas yang harus dia selesaikan.
            Slek!!. Karena buru-buru dan udah ga memperdulikan hal-hal sekitar. Bahu Fasha menyenggol bahu Fahri. Fahri tampak gerutu. “ nyantai sedikit apa kalo jalan “. Fasha menoleh sinis kearah Fahri. “ mw janjian ama sekretaris Osis apa “. Ucap Fahri ngelanjutin gerutunya yang bener-bener bikin naek darah. Fasha mengahampiri Fahri, dan menompo wajah Fahri dengan wajahnya yang keliatan kesel. “ Apaan lu bilang!. Ga usah banyak bacot lu! “. Tangan Fasha tampak menoyor kepala Fahri yang saat itu keliatan udah pucet banget. Padahal baru digertak doang. Fasha pun berlalu menuju parkiran, tanpa memperdulikan Fahri yang masih memandanginya dengan tatapan penuh dendam.
            Fasha berjalan dengan penuh wibawa menuju parkiran. Sehingga siswa-siswa yang kebetulan lagi ada dikawasan itu seketika mengalihkan pandangannya kearah Fasha. Fasha tampak biasa dan cuek aja. Sampai tiba-tiba ada suara memanggilnya “ Ka Fasha!”. Fasha menoleh kesumber suara, ternyata benar dugaan Fasha. Yang manggil dia itu si Sishil. “ Ada apa Shil?. Proposalnya udah kamu cek sama Pa Mitra? “. Shisil menarik napas dalam-dalam seakan menenangkan dirinya. Ternyata ia sedikit lari kecil mengejar Fasha. “ iya Sishil mw ngomongin itu. Tadi Shil udah nanya sama Pa Mitra. Katanya si yayasan Cuma ngasih 3 Jt ka “. Ekspresi wajah Fasha spontan berubah dari datar menjadi sedikit heran. “ loh ko bisa si. Kata lo tadi yayasan mw ngasih 5 jt. Gimana si! “. Sishil merungut. “ ah elah,, nyesel aku ngasih tau kaka. Aku udah ngira pasti kaka itu langsung marah-marah. Udahlah bodo amat!! “. Sishil keliatan ga kaya biasanya. Kali ini ia tampak kesel banget sama Fasha. Padahal Fasha keliatan biasa aja dan emang udah biasa kaya gitu. Bukan lagi marah atau apa. Sishil pun melangkah cepat meninggalkan Fasha. Fasha sedikit heran, tapi engga terlalu mikirin juga. Akhirnya Fasha langsung berjalan kearah motornya dan langsung tancap gas.
***
            Sruppp,,ahhh!!. Fasha tampak menikmati sekali kopi aceh yang nikmat itu. Minggu sore ini Fasha emang sengaja dateng ke kedai coffe tempat biasa dia dan anak-anak teater terasi nongkrong. Tapi kali ini dia cuma dateng sendirian. Katanya si dia mw nenangin diri. Soalnya dia lagi bingung mikirin dana seminar budaya yang masih kurang 1 jt. Sruup,,ahh!!.        Suara langkah laki terdengar naik keatas tangga. Kebetulan tempat Fasha duduk ini emang dilantai dua. Tatapan Fasha melihat kearah tangga. Memastikan siapa yang dateng. Dan seketika tatapan Fasha tampak melayu dan ekspresi wajahnya sedikit kaget. Ternyata yang dateng ke kedai coffe itu adalah Fahri, Widya ( mantannya Fasha ), dan Sishil. Fasha dengan cepat mengalihkan pandangannya kearah lain. Biar engga ketauan kalo itu dia. Tapi masa ia badan segede dia engga bisa dikenalin. Ngaco aja nih si Fasha. Hehehe. “ Fash lo disini juga. sama siapa lo?. Sama Nadya yang anak kelas X Ipa itu ya? “. Tanya Fahri tiba-tiba yang bikin Fasha melongo. Nadya kelas X Ipa?. Apa hubungannya sama gua?. Gumam Fasha dalam hati. Fahri meneruskan ocehannya. “ eh Fash katanya dana seminar masih kurang ya?. Lo jangan gituh Fash,, masa duit Osis masih lu embat juga”. Fasha tampak mengerenyitkan dahinya.
            “ Ga jelas lo! “. Ucap Fasha dengan wajah BT
“ ohh jadi emang bener lagi deket sama Nadya toh “. Sishil setengah berbisik tapi masih kedengaran sama Fasha.
            “ Kamu ga bosen-bosennya ya maenin hati wanita”. Tambah Widya dengan tatapan sinis kearah Fasha.
“ ini apa-apaan si lo pada? Ini lagi segala maenin hati wanitalah, apalah. Gua itu disini cuma mw ngopi. Sendirian!!. Segala dibilang mw ngedate ama Nadya. Deket juga kaga “.
            “ alah, ga usah ngelak dah lu Fash. Kemaren kan pas lagi teater lo deket banget sama Nadya. Dan lo kan sekarang abis dapet duit panas dari proposal gelap yang sebar ke beberapa perusahaan”.
            Fasha naik pitam. Ia seketika berdiri dan jari telunjuknya tegak lurus kearah Fahri. “ Eh anak cumi, lo  kalo ngomong dijaga ya. Ga usah dah lu bikin isu-isu ga jelas tentang gua. Lo urusin aja lah diri lo sendiri!! “.
            “ Fasha!!, kamu tuh ga berubah ya. Dari dulu tetep emosian. Sebelum marah tuh mikir-mikir dulu. Untung aku udah ga jadi pacar kamu. Lagi juga yang dibilang Fahri itu emang bener kan. Aku liat sendiri ko kamu nyebarin proposal gelap, yang ga masuk data Panitia Pelaksana “. Widya membuat suasana semakin panas.
“ Sishil ga nyangka ka. Kalo kaka itu ternyata bajingan juga. Munafik!!. Ternyata Cuma didepan aja mengkritik pengurus sekolah yang korupsi. Tapi nyatanya kaka juga ngelakuin hal itu “. Wajah Sishil keliatan kecewa banget sama Fasha saat itu.
            “ alah terserah lo semua lah, mw ngomong apa juga!! “. Tanpa banyak cing-cong Fasha langsung melangkah keluar dan pulang saat itu juga.
***
            Fasha, Amad, dan Yadi janjian ngumpul diruang Osis senin sore itu. Ya yang bikin intruksi si sebenernya si Fasha. Mw rapat kecil masalah dana seminar budaya yang akan mereka gelar 4 hari lagi. “ Fash, gua denger-denger si Sishil marah ya sama lo “. Fasha mendelikan matanya. “ iyaa, dia kira gua makan duit acara seminar besok Mad “. Yadi yang lagi sibuk ngambil berkas dari loker langsung ikut nimbrung. “ dia mah marah sama lo, bukan gara-gara itu Fash. Tapi gara-gara lo di gosipin deket sama si Nadya “.
            “ ah, lo bisa aja yad “.
“ Seriuss,,, cewe gua tadi cerita sama gua. Kan lo tau si Sishil ama cewe gua deketnya kaya gimana. Kaya gini nih “ (sambil mengaitkan dua jari telunjuknya ).
            “ udah-udah ga usah bahas tentang itu. Gua masih bingung soal dana ini “
“ oh iya Fash. Ko lo bisa dituduh makan dana acara seminar besok si ama anak-anak. Emang ceritanya gimana si “.
Fasha menaikan pundaknya. Dan meminum air putih untuk melancarkan tenggorokannya. Biasanya kalo udah begini dia bakal ngomong lama dan berjam-jam.
            “ lo ingatkan Yad!!. Proposal yang kita sebar ke beberapa perusahaan seminggu yang lalu”. Yadi mengangguk tanda kalo dia ingat.
“ iya terus Fash “. Amad penasaran
            “ jadi si Widya ngeliat gua dan Yadi lagi nyebarin proposal itu. Udah gitu si Fahri bilang sama si Widya kalo dana seminar besok itu kurang. Dan si Fahri bilang kalo yayasan itu ngasih dana ke kita sejumlah 5 Jt. Padahal kan nyatanya Cuma 3 jt. Sebenrnya proposal yang gua sebar seminggu yang lalu itu buata cadangan kalo dana yang dikasih yayasan kurang dari yang direncanakan. Tapi anak-anak udah kepalang taunya kalo gua makan dana untuk seminar besok. Dan satu lagi, tadi kan gua nyuruh lo sama Yadi ngambil proposal di perusahaan-perusahaan yang tadi gua sebutin. Gimana hasilnya “.
“ nah itu dia Fash. Gua tadinya sempet kepikiran kalo lo emang makan dana buat acara seminar besok. Soalnya tadi pas gua sama Yadi ke perusahaan itu. Katanya proposalnya udah diambil sama anak Osis juga katanya. Tadi nya gua ama Yadi udah shuudzon sama lo. Tapi pas denger penjelasan lo. Kayanya emang bukan lo Fash yang ngambil “.
            Yadi pun ikut bicara. “ yang udah nuduh lo makan dana itu si Amad doang Fash. Gua mah engga. Kan gua udah tau lo gimana. Selain itu Fash. Gua denger-denger dari bendahara yayasan. Yayasan emang ngasih 5 jt Fash. Bukan tiga Jt “.
            “ Kalo begitu pasti ada yang maen disini. Mad lo nanya ga sama pihak perusahaan yang ngambil proposal itu ciri-cirinya gimana “
“ Waduh gua lupa nanya itu Fash “.
            “ aduhh,, Yad waktu itu semua proposal lo kasih kwitansi dengan stampel dan tanda tangan gua kan. Yang diyayasan juga kan “.
“ iyalah Fash pasti itu mah “.
            Krekekk!!. Ketika mereka sedang asyik berdiskusi. Tiba-tiba anak kelas XI Sosial yang bernama Gery masuk. Kontan aja hal itu bikin mereka bertiga kaget.
“ ah sialan lo. Gua kira siapa “ Fasha terkejut.
            “ ahhh dedemit pasir, ngagetin orang aja lo “ Ucap Yadi
“ ada apa Ger?, gua bertiga lagi rapat nih “.
Gery tampak sedikit ga enak karena udah ngeganggu rapat mereka bertiga.
            “ eh ini ka, Cuma mw ngasih tau. Proposal yang sama Ka Fahri udah dikasihin belom ke kaka? “
            “ proposal?. Yang mana? “ Fasha bingung campur heran
“ itu ka, proposal yang waktu itu kaka kasih ke om saya. Soalnya hari sabtu kemaren saya liat ka Fahri yang ngambil ka. Saya Cuma ngasih tau aja. Soalnya kata om saya sampe dua orang si yang nanyain proposal itu “. Gery menjelaskan.
            “ iya kemaren gua yang ke perusahaan om lu, katanya proposalnya udah diambi “ Amad meminum segelas teh manis.
            “ oh yaudah Ger, makasih ya atas infonya “.
“ iya ka, saya pamit lagi ya ka “.
            “ oke,oke. Mantok dah lo sono “ Ucap Yadi sekenanya.
Fasha tampak mendelikan matanya dan mengerenyitkan dahinya. Seakan-akan ia sedang menganalisa seluruh laporan yang ia terima. Dan tiba-tiba ia setengah teriak. Dan hal itu kontan aja bikin dua orangnya temannya itu kaget setengah mati. Bahkan si Yadi sampai terjungkil dari bangku.
“ Nah, gua tau sekarang. Pantesan aja pas hari sabtu si Fahri ama si Hana nguping obrolan gua sam si Sishil disini. Gua rasa dia nguping dengan tujuan mastiin berapa budget yang kita dapet dari yayasan. Dan si Hana sengaja dia ajak. Karena lo pada tau kan kalo si Hana itu ratu gosip. Alhasil anak-anak pasti percaya akan gosip yang disebarin ama si Hana. Pantes kemaren si Fahri jalan sama si Widya. Dan gua denger-denger juga si dia juga nonton. Dan alesan kenapa si Sishil bisa percaya sama dia adalah sebenernya gua yakin Sishil ga percaya kalo gua makan dana untuk seminar ini. Menurut gua si Sishil hanya kebawa emosi akibat dia udah benci sama gua gara-gara Nadya. Ini dikuatkan sama omongan lo yang katanya dari cewe lo. Dan cewe lo adalah temen baiknya si Sishil. Masalah dana yang turun dari yayasan. Pertama kali yang nerima emang si Sishil tapi masih dalam amplop. Dan dia kasih ke Pa Mitra. Kecurigaan gua ada pada Pa Mitra. Sekarang lo berdua tau sendiri gimana mata duitannya Pa Mitra. Dan dia kan emang udah terkenal sama korupnya. Jadi gua dapat menyimpulkan bahwa yang ngambil dan makan dana seminar ini adalah ... “
“ Fahri sam Pa Mitra “ mereka bertiga berbarengan.
“ iya Fash. Gua bukan lagi ngejelekin si Fahri ni ya.. 
            “ emang udah jelek!.. “. Yadi asal nyambung
“ hehehe. Iya si Fahri kan emang udah terkenal suka makan duit-duit kaya gini Fash. Ya contohnya kaya duit kas dan duit pembuatan jaket “.
            “ okeh jadi langkah selanjutnya adalah, Yad lo ke bagian keuangan di yayasan. Dan minta kwitansi resmi pengeluaran yayasan untuk acara kita . Mad lo cari si Fahri, terserah mw lo apain juga kalo bisa lo pura-pura ga tau aja soal ini. yang penting besok dia dan Pa Mitra harus hadir di rapat persiapan akhir “
“ oke komandan “, Amad dan Yadi berbarengan
***
            “ iyah baik di akhir rapat ini saya akan berbicara beberapa hal tentang image saya yang dituduh makan dana untuk seminar besok. Dan pastinya saya akan mengklarifikasikan hal itu sekarang! “. Nada bicara Fasha yang cukup tinggi membuat seluruh orang di ruangan itu bungkam. Termasuk Fahri dan Pa Mitra yang dari tadi emang udah panas dingin. Akibat disindir terus. Bahkan Kepsek pun terlihat sangat antusias mendengarkan.
            “ iya perihal tuduhan kalian semua tentang penggelapan dan acara yang kalian terhadap saya selaku ketua OSIS sekaligus bendahara di dalam acara seminar budaya tiga hari yang akan datang ini. Saya akan berbicara berdasarkan fakta yang ada. Pertama, pihak yayasan memang mencairkan dana sejumlah lima juta untuk acara kita ini. Dan ini bukti kwitansi resmi dari pihak keuangan yayasan. Akan tetapi dana tersebut terpotong dua juta rupiah ditangan Pa Mitra. Ini buktinya ( sambil menunjukan kwitansi palsu, bertanda tangan Pa Mitra ). ( anak-anak mulai ramai memaki dan merasa dibodohi ). Saya harap tenang semua. Karena saya masih harus menjelaskan satu hal lagi. Yaitu masalah proposal gelap yang katanya dibuat oleh saya. Nyatanya proposal itu terdata, oleh sekretaris dua. Yaitu Nadya. Silahkan tanya sama orangnya (sambil menunjuk kearah Nadya ). Dan adanya proposal itu adalah untuk menambah dana ataupun penutup jika ada kekurangan. Dan sayangnya proposal itu tidak pernah kembali ke tangan kita selaku panitia melainkan jatuh ketangan saudara Fahri. Buktinya adalah saudara Gery selaku keponakan pemilik salah satu perusahaan yang kita kasih proposal. Karena Gery juga disekolah disini maka ia mengenal sosok yang mengambil proposal tersebut di kantor pamannya. Jadi semua udah jelas. Bukan saya yang korup dalam acara ini, melainkan dua orang ini. Selebihnya silahkan diurus oleh pihak sekolah “.
            Prak,Prak,Prak!!!. Suara tepuk tangan memenuhi ruangan OSIS. Fasha tersenyum dengan penuh Kharisma dan wibawa. Sishil tampak senyum pula.
Akhirnya Pa Mitra mendapatkan teguran dan dituntut mengembalikan dana itu kepada sekolah atau yayasan. Sedangkan Fahri, kedua orangtuanya dipanggil dan tentunya ia mendapatkan scorsing yang cukup lama.
***
            Srupp,, ahh! Sekali lagi minggu sore Fasha dihabiskan disebuah kedai coffe kesukaannya. Kali ini ia tidak sendiri. Ataupun beramai-ramai bareng anak teater. Melainkan berdua dengan Shisil si cantik jelita.
“ Alhamdulillah acara seminar kemaren sukses ya ka “. Shisil tampak senyum sambil meniup-niup kopi panas ditangannya.
“ ya alhamdulillah lancar, walaupun ada sedikit kendala dibeberapa hari sebelum hari H “
            “ hehehe, aku makin suka sama kaka, bangga!, soalnya kaka bisa ngebuka semua masalah yang ada. Dan tau siapa pelakunya, hebat! “. Sambil mengacungkan jempolnya
“ hah, suka!.bukannya lo benci sama gua, gara-gara gua digosipin deket sama Nadya “
            “ iya itu si kemaren-maren, sekarang udah engga. Lagian aku kan cemburu tau “
Fasha diem sejenak seakan tidak percaya orang sejutek Sishil bisa bilang cemburu sama dia.
“ hehehe, Nadya kan asisten kamu Shil “
            Kini Sishil yang terdiam karena baru kali ini ia mendengar Fasha menggunakan bahasa aku-kamu selain sama Widya.
“ kamu? “
            “ iya biar lebih akrab aja “. Fasha tertawa bahagia...
“ eh ka, aku mw nanya, kenapa pas kaka dituduh minggu lalu disini, kaka Cuma diem aja dan ga membantah “.
            “ terkadang untuk menerangi sesuatu kita harus terbakar terlebih dulu, semisal sebuah LILIN YANG MELELEH ketika ia menerangi sebuah kegelapan “.

No comments: