Sponsor

Wednesday 17 February 2016

Pengertian Teater Dan Contohnya......

Pengertian Teater Dan Contohnya


Sebelumnya saya pernah membahas tentang teater, dan disini saya akan mengulang dan memberikan contohnya...

Teater berasal dari bahasa Yunani “theatron” atau dalam bahasa Inggris, Seeing Place yang berarti gedung atau tempat pertunjukan. Seiring dengan perkembangannya dan dalam pengertian yang lebih luas lagi, kata teater diartikan dengan segala hal yang dipertunjukkan/dipentaskan di depan banyak orang. Oleh karena itu, dalam rumusan yang sederhana teater bisa berupa pementasan, seperti hal nya ketoprak, wayang, ludruk, wayang wong, janger, sintren, mamanda, sulap, dagelan, akrobat, dan masih banyak lagi lainnya. Teater juga bisa dikatakan sebagai sebuah manifestasi dari aktivitas naluriah seperti hal nya, anak-anak yang bermain perang-perangan, bermain sebagai ayah dan ibu dan lain sebagainya.
Selain itu, definisi teater juga merupakan manifestasi dalam pembentukan strata sosial kemanusiaan yang berhubungan langsung dengan masalah ritual. Seperti, upacara adat ataupun upacara kenegaraan, keduanya mempunyai unsur-unsur teatrikal yang juga memiliki makna filosofis mendalam. Berdasarkan uraian di atas, kemungkinan terjadinya perluasan definisi tentang teater itu bisa terjadi. Namun, batasan tentang teater bisa dilihat dari berbagai sudut pandang sebagai berikut:
Unsur-Unsur Seni Teater
1. Unsur internal Teater
Aktor
Aktor merupakan salah satu unsur yang paling penting dalam sebuah pertunjukan teater. Dan aktor pula yang menghasilkan beberapa unsur lain, diantaranya unsur suara dan gerak.
Naskah
Naskah atau yang disebut juga dengan lakon dalam seni teater juga merupakan salah satu penunjang yang menyatukan berbagai macam unsur yang ada yaitu, pentas, aktor, kostum dan sutradara.
Pentas
Pentas adalah salah satu unsur yang mampu menghadirkan unsur estetika dari sebuah pertunjukan, karena pentas juga merupakan unsur penunjang pertunjukkan yang di dalamnya terdapat properti, tata lampu, dan beberapa alat lain yang berkenaan dengan pentas.
Sutradara
Sutradara juga merupakan salah satu unsur yang paling sentral, karena sutradara adalah otak dari jalannya cerita, yang mengarahkan semua unsur dalam sebuah seni pertunjukan/pementasan. Misalkan mengarahkan para aktor, membedah naskah, menciptakan ide-ide tentang pentas yang akan digunakan dan lain sebagainya.
Kostum
Kostum juga merupakan salah satu unsur penunjang yang akan membuat seorang aktor terlihat seperti seseorang ataupun watak yang sedang dimainkan.
Beberapa unsur di atas adalah unsur internal dalam sebuah pementasan teater. Atau bisa dikatakan bahwa unsur internal adalah unsur yang menyangkut tentang bagaimana keberlangsungan pementasan tersebut, karena unsur internal tersebut bisa dikatakan sebagai hati/jantungnya teater, jika tidak ada unsur internal tidak akan ada suatu pementasan. Sedangkan unsur eksternal adalah unsur yang mengurus segala sesuatu yang berkenaan dengan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam sebuah pementasan. Diantaranya adalah:
Staf Produksi
Staf produksi merupakan segala sesuatu yang menyangkut manejer tingkat produser ataupun pimpinan produksi sampai semua bagian yang ada di bawahnya. Adapun tugas masing-masing dari mereka adalah sebagai berikut:
Produser/pimpinan produksi
  • Mengurus semua hal tentang produksi
  • Menetapkan personal (petugas), anggaran biaya, fasilitas, program kerja dan lain sebagainya.
Sutradara/derektor
  • Pembawa sekaligus pengarah jalannya naskah
  • Koordinator semua pelaksanaan yang menyangkut pementasan
  • Mencari dan menyiapkan aktor
Selain beberapa tugas di atas, seorang sutradara juga bertanggung jawab untuk menyiapkan make up dan juga men-setting segala sesuatu yang dipegang oleh bagian desainer beserta crew.
Stage manager
  • Pemimpin dan penanggung jawab panggung
  • Membantu sutradara
Desainer
  • Menyiapkan semua aspek visual yang menyangkut:
  • Setting tempat atau suasana
  • Properti atau perlengkapan pementasan
  • Tata lampu/pencahayaan
  • Kostum
  • Perlengkapan lainnya seperti audio dan lain sebagainya
Crew
Crew merupakan pemegang divisi dari setiap sub yang dipegang bagian desainer, diantaranya:
  • Bagian pentas/tempat
  • Bagian tata lampu (lighting)
  • Bagian perlengkapan
  • Bagian tata suara musik
Setelah kita tahu apa itu teater dan apa saja unsur yang ada dalam sebuah pertunjukkan seni teater, sekarang akan kita bahas beberapa jenis/macam teater, diantaranya:
Jenis-Jenis Seni Teater
1. Teater Boneka
teater boneka
takbenda.wordpress.com
Pertunjukan boneka sudah ada sejak zaman dulu. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa sisa peninggalan yang banyak ditemukan di makam-makam Mesir kuno, India kuno dan juga Yunani. Boneka sering digunakan sebagai media untuk menceritakan legenda ataupun kisah-kisah religius yang dipercaya oleh masyarakat zaman dulu. Boneka tersebut dimainkan dengan beberapa macam cara tergantung dari kenis boneka itu sendiri.
Misalkan boneka tangan, boneka ini dalam pementasannya dimainkan dengan menggunakan tangan, kemudian boneka tongkat, boneka ini dalam pertunjukkannya dimainkan dengan menggunakan tongkat yang dipegang dari bawah (seperti wayang golek khas daerah Sunda). Ada juga Marionette atau yang disebut juga dengan boneka tali, boneka ini dalam pertunjukkanya dimainkan dengan cara menggerakkan kayu silang di mana terdapat tali yang terikat pada beberapa bagian tubuh boneka.
2. Drama Musikal
drama musikal
nes-ak.kommune.no
Drama musikal merupakan salah satu jenis pertunjukan teater yang menggabungkan beberapa unsur seni, seperti menyanyi, menari, dan juga akting. Drama musikal biasanya lebih mengutamakan unsur nyanyi, musik dan juga gerak ketimbang dialog para aktor/pemainnya. Di panggung Broadway jenis pementasan/pertunjukan semacam ini sangat terkenal dan biasanya disebut dengan pertunjukan kabaret.
Para aktor tidak hanya dituntut untuk menghayati karakter melalui kalimat naskah yang diucapkan, tapi juga melalui lagu dan gerak tari. Disebut dengan drama musikal karena memang latar belakang dari pertunjukkan ini adalah karya musik yang bercerita seperti hal nya dengan “The Cats” karya dari Andrew Lloyd Webber yang sangat fenomenal. Dari karya cerita bermusik tersebut kemudian dikombinasikan dengan alunan lagu, gerak tari dan tata pentas.
Selain kabaret, opera juga bisa digolongkan dalam bentuk drama musikal. Dalam pertunjukkan opera, dialog para tokoh biasanya dinyanyikan dengan iringan musik orkestra dan lagu yang dinyanyikan tersebut disebut dengan seriosa. Di sinilah letak perbedaan yang mendasar antara pertunjukkan Kabaret dan juga opera. Selain itu, jika dalam drama musikal kabaret, jenis lagu dan musik bisa saja bebas, sedangkan dalam opera jenis lagu dan muisknya biasanya adalah musik simponi (orkestra) dan seriosa.
Tokoh-tokoh utama dalam pertunjukkan opera menyanyi guna untuk menceritakan kisah dan juga perasaan mereka kepada penonton, namun tak jarang juga berupa paduan suara. Opera untuk pertama kalinya dipentaskan di Italia pada awal tahun 1600-an. Opera dipentaskan di dalam sebuah gedung yang disebut dengan gedung opera. Di dalam gedung opera tersebut, para musisi dan juga tokoh pemeran duduk di area yang disebut dengan orchestra pit yang ada di bawah dan di depan panggung.
3. Teater Gerak
Pantomim/teater gerak
lhmint.wordpress.com
Teater gerak merupakan salah satu pertunjukan teater yang unsur utamanya adalah ekspresi wajah dan juga gerak tubuh para pemainnya. Penggunaan dari dialog sendiri sangatlah dibatasi dan bahkan terkadang juga dihilangkan seperti dalam sebuah pertunjukan pantomim klasik. Teater gerak ini sendiri tidak diketahui dengan pasti kapan diciptakannya, namun ekspresi bebas dari para seniman teater terutama dalam hal gerak berada pada puncaknya dalam masa “commedia del’Arte” di Italia. Dalam masa tersebut para pemain teater bisa bergerak bebas sesuka hati (untuk karakter tertentu) bahkan terkadang juga lepas dari karakter tokoh utama ataupun jalan cerita guna untuk memancing perhatian penonton. Dari kebebasan ekspresi gerak tersebut, akhirnya muncul gagasan untuk mementaskan pertunjukan yang berbasis gerak.
Jenis teater gerak yang paling fenomenal dan juga populer yang mampu bertahan hingga saat ini adalah pantomim. Pantomim merupakan pertunjukan yang sunyi (karena tidak menggunakan suara), yang menggunakan ekspresi wajah dan juga tingkah polah serta mimik para pemainnya. Makna pesan dari sebuah lakon yang akan disampaikan, semuanya ditampilkan dalam bentuk gerak. Tokoh pantomim yang sangat terkenal adalah Etienne Decroux dan Marcel Marceau, yang berasal dari Prancis.
4. Teater Dramatik
teater dramatik
ulunlampung.blogspot.com
Dramatik merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pertunjukan teater yang didasarkan pada dramatika lakon yang sedang dipentaskan. Dalam pertunjukkan teater dramatik, perubahan karakter dari pemainnya secara psikologis sangat diperhatikan dan juga situasi cerita serta latar belakang kejadian pertunjukkan dibuat dengan sedetail mungkin. Rangkaian cerita dalam pertunjukkan teater dramatik juga harus mengikuti alur plot dengan ketat.
Mencoba menarik minat dan rasa para penonton dengan situasi cerita yang sedang disajikan. Menonjolkan laku dan aksi dari pemain yang kemudian melengkapinya dengan sensasi sehingga penonton menjadi tergugah dan biasanya merupakan suatu rangkaian peristiwa yang berkaitan dengan peristiwa lain hingga membentuk satu alur cerita yang bersambung. Karakter yang disajikan di atas panggung merupakan karakter manusia yang sudah jadi, dalam artian tidak ada lagi proses yang harus dilakukan dalam pengembangan karakter tokoh secara improvisatoris (Richard Fredman, Ian Reade: 1996).
5. Teatrikalisasi Puisi
teaterikalisasi puisi
bandung.bisnis.com
Pertunjukan teater yang satu ini dibuat berdasarkan hasil dari karya sastra puisi. Karya puisi yang biasanya hanya dibaca saja, kemudian dicoba untuk dipentaskan di atas panggung pementasan. Berhubung skrip dasarnya berasal dari puisi, oelh sebab itu teatrikalisasi puisi lebih mengedepankan estetika puitis ketika di atas pentas.



Baca Juga Artikel Penulis Yang Lain 


Baca Juga Artikel saya yang lain...
Sekarang buat refreshing baca ini aja gan...
  1. Percakapan Lucu, dijamin Ngakak abissss,,,,,,
  2. Inilah!!! 4 alasan kenapa pria menyukai kopi
  3. INILAH 7 KEMUNGKINAN YANG BISA TERJADI TERHADAP BU...
  4. 6 Cara memiliki aura optimis
  5. Cara menjadi Wibawa 
Sesekali kita harus ikut membangum bangsa...
  1. Kita Harus Menjadi Masyarakat Yang bermartabat!!!
  2. Sudah Saatnya Kita Bangkit 
  3.  Badut Perusak Negeri
  4. dimulai dari sebuah opini, organisasi remaja ini m...
  5. Indonesia Krisis Film Anak-anak
  6. Parah!! Bahasa-bahasa etnis indonesia terancam Pun...
  7. Madrasah Kalah Jauh Peminat Dari Sekolah Umum,, Ke...
Semoga Postingan kali ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi berkah,,,
Makasih Atas kunjungannya ya... :)
uhuyyyyyy.....

No comments: